Gambaran Kompetensi Petugas Rekam Medis pada Kualitas Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Khusus X Tahun 2021

Authors

  • Musparlin Halid Politeknik Medica Farma Husada Mataram
  • Uswatun Hasanah Politeknik Medica Farma Husada Mataram
  • Ikhwan Politeknik Medica Farma Husada Mataram
  • Rizal Pratam Adi Putra Politeknik Medica Farma Husada Mataram

DOI:

https://doi.org/10.33651/jpkik.v8i2.433

Keywords:

Kompetensi Perekam Medis, Kualitas Pelayanan Kesehatan

Abstract

Penyelenggaraan pelayanan kesehatan tidak hanya didukung oleh ketersediaan sarana dan prasana medis saja, tetapi juga SDM sebagai petugas pelaksana pelayanan kesehatan tersebut. salah satunya adalah kompetensi perekam medis dan informasi kesehatan yang merupakan pengetahuan, keterampila dan perilaku yang harus dimiliki seorang profesi perekam medis dan informasi kesehatan dalam melakukan tanggung jawab diberbagai pelayanan kesehatan. Ada 2 (dua) kategori standar kompetensi perekam medis yaitu kompetensi pokok dan kompetensi pendukung dimana harus dimiliki oleh seorang perekam medis dan informasi kesehatan untuk menjalankan tugas di sarana pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi petugas rekam medis terhadap mutu pelayanan kesehatan. Jenis penelitian survey dengan metode deskriptif kuantitatif yaitu metode penelitian yang ditujukan untuk membuat gambaran tentang suatu keadaan secara objektif. Populasi penelitian ini adalah 10 petugas rekam medis dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan total sampling. Dari hasil penelitian diketahui sebagian besar responden berada pada kategori kompetensi pokok baik adalah sebanyak 5 responden (50%). Selanjutnya sebagian besar responden berada pada kategori kompetensi pendukung sedang adalah sebanyak 5 responden (50%). Dari hasil penelitian diketahui juga bahwa sebagian besar responden berada pada mutu pelayanan kesehatan baik adalah 7 responden (70%). Dari uraian di atas perlu ditingkatkan mutu pelayanan kesehatan diberbagai instalasi khususnya rekam medis karena merupakan pintu masuknya pasien di rumah sakit dimana seluruh petugas rekam medis harus lebih kompeten di bidangnya masing-masing dengan melakukan pelatihan, seminar, dsb

References

Dindatia, Junaidi. (2017). Gambaran Kinerja Petugas Rekam Medik di RS KENDAL. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Vol.2. No.6.

Ervianingsih, E., Dewi, N.P., Kusumaningrum, A.E., Asriwati, A., Ismainar, H., Magfirah, M., Umniyatun, Y., Nurmansyah, M.I., Alaydrus, S., Hadi, N.I. and Syamsuriansyah, S., 2020. Kebijakan & Manajemen Pelayanan Kesehatan.

Hatta, GR. (2011). Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di sarana Pelayanan Kesehatan. Jakarta: UI- Press.

Hatta, GR. (2012). Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di sarana Pelayanan Kesehatan. Jakarta: UI- Press.

Hatta, GR. (2014). Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di sarana Pelayanan Kesehatan. Jakarta: UI- Press.

Kementrian Kesehatan RI, (2014). Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 56 Tahun 2014. Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta: Kemenkes RI.

Kementrian Kesehatan RI. (2007). Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 377 Tahun 2007. Standar Profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan, Jakarta: Kemenkes RI.

Kementrian Kesehatan RI. (2008). Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 269 Tahun 2008. Rekam Medis. Jakarta: Kemenkes RI.

Lubis, Fitriyani. (2016). Tinjauan Kompetensi Petugas Rekam Medis Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di RSU IPI. KTI APIKES Imelda. Medan: APIKES.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Nurmawati, H. (2010). Mutu Pelayanan Kesehatan Bidan. Jakarta: Trans Info Media.

Pohan, I. (2017). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Rustiyanto, E. (2009). Etika Perekam Medis dan Sistem Informasi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saryono, Mekar S. A. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Saryono. (2008). Metodologi Penelitian Kesehatan Penuntun Praktis Bagi Pemula. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

Syamsuriansyah, S. and Qudsi, J., 2021, May. The Influence of Religiosity and Local Philosophy on Nurse Performance: A Case Study of Government Hospital. In 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020) (pp. 219-223). Atlantis Press.

Yodhia, Aturiksa. (2007). Kompetensi, Dikutip pada tanggal 21 Juli 2018 pukul 02.38 wib, http: //strategimanajemen.net/membangun- manajemen-sdm-berbasis-kompetensi.

Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Kesehatan

Published

2022-10-30

How to Cite

Halid, M., Uswatun Hasanah, Ikhwan, & Rizal Pratam Adi Putra. (2022). Gambaran Kompetensi Petugas Rekam Medis pada Kualitas Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Khusus X Tahun 2021. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah Kesehatan Politeknik Medica Farma Husada Mataram, 8(2), 144-150. https://doi.org/10.33651/jpkik.v8i2.433