PERAN PERPUSTAKAAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMKN 3 MATARAM

Authors

  • Ikhwan Politeknik Medica Farma Husada Mataram

DOI:

https://doi.org/10.33651/jpkik.v1i2.178

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran perpustakaan dalam proses belajar mengajar di SMKN 3 Mataram. Untuk memperoleh data yang akurat dari jenis penelitian lapangan ini menggunakan teknik pengumpulan data Observasi,Wawancara dan dokumentasi secara kualitataif yang diperoleh dari sumber data langsung maupun tidak langsung dari situasi social berupa tempat, objek, aktifitas,dan buku-buku yang berkaitan dengan peran perpustakaan sekolah.Dari data yang di peroleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif dan dideskripsi dalam bentuk kalimat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran perpustakaan dalam proses belajar mengajar SMKN 3 antara lain Pelayanan informasi, media pengajaran, pengembagan minat belajar dan menjadi sumber belajar. Simpulannya adalah  Keberadaan Perpustakaan selain sebagai sarana penunjang pendidikan  juga dapat meningkatakan kualitas dan mutu pendidikan di SMKN 3 Mataram.

References

Undang-Undang no. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. 2007. Jakarta : Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Wiji Suwarno, Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan; Sebuah Pendekatan Praktis, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007), hlm. 44.

Yusup, Pawit M., dan Yaya Suhendra. 2013. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta : Kencana.

Sutarno NS. 2006. Perpustakaan Dan Masyarakat. Jakarta : Sagung Seto.

Bafadal, Ibrahim.2005. Pengelola Perpustakaan Sekolah.Jakarta: Bumi Aksara

Lasa, HS, 2007. Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta : Pinus Book Publisher.

Pawit M. Yusuf MS, Drs. dan Yaya Suhendar, Drs. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana.

Sumantri, MT, 2002. Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah.Bandung : Remadja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Kesehatan Politeknik Medica Farma Husada Mataram

Published

2020-12-04

How to Cite

Ikhwan. (2020). PERAN PERPUSTAKAAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMKN 3 MATARAM. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah Kesehatan Politeknik Medica Farma Husada Mataram, 1(2), 112-116. https://doi.org/10.33651/jpkik.v1i2.178