PERAN PERPUSTAKAAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMKN 3 MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.33651/jpkik.v1i2.178Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran perpustakaan dalam proses belajar mengajar di SMKN 3 Mataram. Untuk memperoleh data yang akurat dari jenis penelitian lapangan ini menggunakan teknik pengumpulan data Observasi,Wawancara dan dokumentasi secara kualitataif yang diperoleh dari sumber data langsung maupun tidak langsung dari situasi social berupa tempat, objek, aktifitas,dan buku-buku yang berkaitan dengan peran perpustakaan sekolah.Dari data yang di peroleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif dan dideskripsi dalam bentuk kalimat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran perpustakaan dalam proses belajar mengajar SMKN 3 antara lain Pelayanan informasi, media pengajaran, pengembagan minat belajar dan menjadi sumber belajar. Simpulannya adalah Keberadaan Perpustakaan selain sebagai sarana penunjang pendidikan juga dapat meningkatakan kualitas dan mutu pendidikan di SMKN 3 Mataram.
References
Undang-Undang no. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. 2007. Jakarta : Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.
Wiji Suwarno, Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan; Sebuah Pendekatan Praktis, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007), hlm. 44.
Yusup, Pawit M., dan Yaya Suhendra. 2013. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta : Kencana.
Sutarno NS. 2006. Perpustakaan Dan Masyarakat. Jakarta : Sagung Seto.
Bafadal, Ibrahim.2005. Pengelola Perpustakaan Sekolah.Jakarta: Bumi Aksara
Lasa, HS, 2007. Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta : Pinus Book Publisher.
Pawit M. Yusuf MS, Drs. dan Yaya Suhendar, Drs. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana.
Sumantri, MT, 2002. Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah.Bandung : Remadja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Published
How to Cite
Issue
Section
JPKIK : Jurnal Peneliian dan Kajian Ilmiah kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
You are free to :
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially
Under the following terms :
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits