Tingkat Pengetahuan Masyarakat Halmahera Utara tentang Penyebab Gangguan Jiwa

Authors

  • Olivia Asih Blandina Universitas Hein Namotemo

DOI:

https://doi.org/10.33651/jpkik.v6i2.145

Keywords:

tingkat pengetahuan, gangguan jiwa

Abstract

Masyarakat berasumsi bahwa gangguan jiwa adalah hasil dari kutukan arwah nenek moyang, sedangka gangguan jiwa sebenarnya disebabkan oleh banyak faktor yang saling berkaitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan masyarakat Halmahera Utara tentang penyebab gangguan jiwa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain descriptive. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat Halmahera Utara yang berjumlah 400 orang yang dipilih berdasarkan kriteria inklusi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner yang dimodifikasi oleh peneliti dan dianalisa secara statistik univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden (75%) berada pada kategori tingkat pengetahuan cukup. Berdasarkan hasil tersebut diharapkan tenaga kesehatan secara rutin memberikan pendidikan kesehatan terkait peningkatan pengetahuan atau informasi tentang penyebab gangguan jiwa dan peran masyarakat, mengingat pentingnya peran masyarakat dalam membangun dukungan lingkungan yang baik untuk mendukung proses penyembuhan oramg dengan gangguan jiwa. 

References

Agusno, M. 2011. Global – National Mental Health & Psychosocial Problem & Mental Health Policy. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Mestdagh, A,. and Hansen, B. 2013. Stigma in patients with schizophrenia receiving community mental health care: a review of qualitative studies. Soc Psychiatry Psychiatr Epidemiol (2014) 49:79–87.

Nasir, A., & Muhith, A. 2011. Dasar-dasar keperawatan jiwa: pengantar dan teori. Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta.

Salahuddin, M. 2009. “Peran Keluarga Terhadap Proses Penyembuhan Pasien Gangguan Jiwa”. Skripsi. http://lib.uinmalang.ac.id/thesis/fullchapter /04410102-muhammadsalahuddin.ps.

Sears, Freedman, Peplau. 1999. Psikologi Sosial. Edisi kelima. Jilid-2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Stuart,G.W. 2013. Psyciatric Nursing. (Edisi 10). Jakarta: EGC

Yosep. I. 2010. Ilmu Keperawatan Jiwa. Bandung. Refika Aditama

Videbeck, S. 2008. Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC

Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Kesehatan Politeknik Medica Farma Husada Mataram

Published

2020-10-19

How to Cite

Olivia Asih Blandina. (2020). Tingkat Pengetahuan Masyarakat Halmahera Utara tentang Penyebab Gangguan Jiwa. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah Kesehatan Politeknik Medica Farma Husada Mataram, 6(2), 188-191. https://doi.org/10.33651/jpkik.v6i2.145