Main Article Content

Abstract

Penyakit degeneratif adalah penyakit yang menyebabkan terjadinya kerusakan atau penghacuran terhadap jaringan atau organ tubuh. Proses dari kerusakan ini dapat disebabkan oleh penggunaan obat yang tidak teratur, seiring dengan usia maupun karena gaya hidup yang tidak sehat. Penyakit yang masuk dalam kelompok ini antara lain Diabetes Mellitus dan Hipertensi. Insidensi penyakit degeneratif terus meningkat jumlahnya. Hal ini tidak terlepas dari perubahan pola hidup dan makin tingginya usia harapan hidup masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi penggunaan obat pada pasien hipertensi dan diabetes millitus yang menjalani rawat inap di RSUD Patut Patuh Patju Gerung Kabupaten Lombok barat tahun 2018.


Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif  yakni penelitian yang dilakukan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan suatu keadaan secara objektif. Untuk menggambarkan evaluasi penggunaan obat pada pasien degeneratif yang menjalani Rawat inap di RSUD Patut Patuh Patju Gerung Kabupaten Lombok Barat Tahun 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh data peresepan obat Hipertensi dan Diabetes mellitus Di RSUD Patut Patuh Patju Gerung Kabupaten Lombok Barat pada tahun 2018 dengan jumlah 58 orang. Besar sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 orang menggunakan teknik total sampling. Sedangkan instrumen penelitian menggunakan data rekam medis.


Hasil penelitian evaluasi penggunaan obat pada pasien degeneratif yang menjalani rawat inap di RSUD Patut Patuh Patju Gerung Tahun 2018  dari total 58 pasien, sebanyak 49 pasien yang sesuai dengan kriteria inklusi dan 9 pasien yang tidak sesuai dengan  kriteria inklusi. Evaluasi kerasionalan penggunaan obat antihipertensi dilihat berdasarkan kriteria tepat indikasi sebanyak (100%), tepat pemilihan obat sebanyak (95,91%), tepat dosis sebanyak (95,91%), tepat kondisi paien sebanyak (100%), dan tepat pemberian obat sebanyak (100%).

Keywords

Degeneratif, Hipertensi, Diabetes Mellitus, Evaluasi Penggunaan Obat, RSUD Gerung.

Article Details

How to Cite
Muhammad Agus Fahrizal, Ajeng Dian Pertiwi, & En Purmafitriah. (2020). Evaluasi Penggunaan Obat Pada Pasien Yang Menjalani Rawat Inap Dengan Penyakit Degeneratif Di RSUD Patut Patuh Patju Gerung Kabupaten Lombok Barat Tahun 2018. Pharmaceutical and Traditional Medicine, 3(1), 17-23. Retrieved from https://jurnal.poltekmfh.ac.id/index.php/ptm/article/view/93