Main Article Content

Abstract

Kulit sangat membutuhkan antioksidan untuk mengatasi dan mencegah stress oksidatif yang berperan penting pada beberapa penyakit seperti artherosklerosis, gagal ginjal kronis, diabetes melitus, kanker, penuaan dini, penyakit cardiovascular, dan penyakit neurologis. Bahan alam telah banyak diketahui dapat digunakan sebagai bahan kosmetik. Salah satunya yaitu daun pegagan (Centella asiatica) dan daun kelor (Moringa oleifera) yang memiliki kandungan antioksidan yang digunakan untuk perawatan kulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi konsentrasi terbaik dari ekstrak daun pegagan (Centella asiatica) dan ekstrak daun kelor (Moringa oleifera) dalam formulasi sediaan masker gel peel-off. Desain penelitiaan yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen adalah penelitian yang dilakukan terhadap variabel yang data-datanya belum ada sehingga perlu dilakukan proses manipulasi melalui pemberian treatment/perlakuan tertentu terhadap subjek penelitian yang kemudian diamati/diukur dampaknya.


Dalam penelitian ini digunakan 5 formulasi yaitu, F1: Kontrol negatif, F2: Konsentrasi ekstrak daun pegagan 2,5% dan ekstrak daun kelor 2%, F3: Konsentrasi ekstrak daun pegagan 5% dan ekstrak daun kelor 4%, F4: Konsentrasi ekstrak daun pegagan 7,5% dan ekstrak daun kelor 6%, F5: Kontrol positif. Formulasi yang paling efektif dan mendekati kriteria dari uji sediaan yaitu pada formulasi yang kedua (F2: Konsentrasi ekstrak daun pegagan 2,5% dan ekstrak daun kelor 2%). Dari hasil penelitian bisa di ambil kesimpulan bahwa Variasi konsentrasi yang terbaik dalam formulasi sediaan masker peel-off dari ekstrak daun pegagan (Centella asiatica) dan ekstrak daun kelor (Moringa oleifera) yang telah dibuat yaitu pada formulasi 2 dengan konsentrasi daun pegagan sebesar 2,5% dan ekstrak daun  kelor sebanyak  2%.

Keywords

Masker Gel Peel-off Estrak Daun Pegagan Estrak Daun kelor

Article Details

How to Cite
Titin Agustiningsih, Tuhfatul Ulya, Evi Fatmi Utami, Hardani, & Sri Idawati. (2024). Formulasi Ekstrak Daun Pegagan (Centella Asiatica) Dan Ekstrak Daun Kelor (Moringa Oleifera) Sebagai Masker Gel Peel-Off. Pharmaceutical and Traditional Medicine, 8(1), 24-35. https://doi.org/10.33651/ptm.v8i1.666