Main Article Content

Abstract

Salah satu indikator kepuasan pasien dalam bidang kesehatan adalah tersedianya pelayanan kesehatan yang berkualitas. Kepuasan akan terpenuhi bila pelayanan yang diberikan dalam suatu rumah sakit dirasakan telah sesuai dengan harapan pasien, sehingga kepuasan pasien akan memberikan keuntungan dan dampak yang sangat penting bagi manajemen rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian meliputi kecepatan pelayanan, komunikasi informasi dan edukasi (KIE), serta keramahan petugas di apotek rawat jalan Rumah Sakit Islam “Siti Hajar” Mataram. Penelitian ini menggunakan desain observasional dengan pendekatan cross sectional dan populasi sampel yang diperlukan yaitu 95 sampel. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner dan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pasien atau keluarga pasien yang menebus obat di apotek rawat jalan Rumah Sakit Islam “Siti Hajar” Mataram merasa puas terhadap kecepatan pelayanan, komunikasi informasi dan edukasi (KIE), dan keramahan petugas dengan nilai rata-rata sebesar (90,22%, 85,36%, 99,5%) yang diberikan oleh apotek rawat jalan Rumah Sakit Islam “Siti Hajar” Mataram

Keywords

Kepuasan pasien, Pelayanan kefarmasian, Apotek, Rumah sakit

Article Details

How to Cite
Dwi Herlina, Nur Atikah, & Hardani. (2020). EVALUASI KEPUASAN PASIEN DITINJAU DARI KINERJA TENAGA TEKNIS KEFARMASIAN DI APOTEK RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ISLAM “SITI HAJAR” MATARAM. Pharmaceutical and Traditional Medicine, 3(2), 79-88. Retrieved from https://jurnal.poltekmfh.ac.id/index.php/ptm/article/view/100